Bantuan Chromebook Laptop 10 Juta Kemdikbudristek

#Sobat #SulbarBelajar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemndikbudristek) akan memberikan bantuan TIK ke sekolah-sekolah dalam rangka membantu proses pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dan salah satu di antaranya Laptop untuk pelajar. Bantuan ini sempat viral karena ada anggapan bahwa laptop itu dihargai 10 juta per unit dengan RAM 32 GB. Padahal jika dibandingkan dengan harga  Smartphone yang memiliki RAM 128 GB harganya masih dibawah dari itu.

Spesifikasi minimal laptop bantuan itu sudah ditentukan melalui Permendikbud Nomor 25 Tahun 2021. Spesifikasi minimal lainnya, antara lain RAM 4GB DDR4, USB 3.0, prosesor 1,1 GHz, monitor 11 inci, dan sistem operasi Chrome OS.

 Namun tulisan ini tidak fokus ke sisi harga, namun lebih fokus pada apa itu Chrome OS dan apa cocok digunakan di dunia pendidikan di Indonesia ini?


Chrome OS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google, berbasis Linux. Serta mempunyai tampilan seperti browser Google Chrome yang biasa digunakan oleh warganet.

Laptop yang memakai Chrome OS, biasa disebut dengan Chromebook. Nah, Chromebook ini mereknya bermacam-macam. Samsung, Acer, Lenovo, Zyrex, Axio, Advance, serta pabrikan laptop besar biasanya mempunyai varian ChromeBook.

Kemudian, mengapa ChromeBook bisa memiliki memori sangat kecil, sekecil 32 GB yang lebih kecil dibanding ponsel entry level?

Jawabannya, terdapat pada fungsi Chrome OS itu sendiri. ChromeBook wajib senantiasa tersambung dengan layanan jaringan internet bila mau memiliki kemampuan semacam laptop biasa.

Karena, Chrome OS berperan seperti pintu yang menghubungkan pengguna ke jaringan cloud. Nah, file pengguna, baik gambar atau photo, video, dokumen, seluruhnya ditaruh di dalam cloud. Bukan di dalam laptop.

Sebab itu, saat sebelum memakai laptop, pengguna wajib login dahulu ke akun Google mereka. Nah, sehabis login, mereka hendak mengakses data-data mereka melalui Google Drive, foto-foto serta video mereka melalui Google Photos, serta email mereka melalui Gmail.

Apakah ChromeBook mempunyai aplikasi yang dapat di unduh? Ya. Namanya Chrome Web Store. Semacam Google Play di Android. Terdapat banyak aplikasi yang ada. Tetapi, wajib diingat, aplikasi- aplikasi ini berbasis website serta sekali lagi baru akan berperan maksimal bila terdapat jaringan internet. Jadi sangat mempunyai keterbatasan.

Apakah ChromeBook dapat digunakan buat aktivitas belajar mengajar? Sangat dapat. Terdapat banyak aplikasi yang menunjang pendidikan. Apalagi, ChromeBook pula dapat dipakai selaku laptop setiap hari. Memanglah penggunanya perlu penyesuaian, tetapi sangat dapat. Namun, tidak terdapat aplikasi powerful semacam Photoshop, Adobe Premiere, serta yang lain.

Nah, sebab seluruh proses komputasi serta penyimpanan informasi/file dilakukan melalui jaringan internet, sehingga ChromeBook tidak butuh spesifikasi yang besar. Tidak butuh memori internal yang besar.

ChromeBook telah dapat berjalan dengan prosesor minim, RAM 4GB, serta memori 32 GB saja. Maka, itu alasan mengapa ChromeBook harganya dapat ditekan sangat murah, jauh lebih murah dari laptop biasa.

Namun, perlu digaris bawahi bahwa akan jadi permasalahan bila jaringan internet di suatu sekolah sangat terbatas. Maka, ChromeBook tidak dapat digunakan dengan baik serta maksimal. 

3 Comments

  1. Sekolah kami sdh ada 15 unit chrombook tahun kemarin bantuan dr kementrian pendidikan. Hanya penggunaan masih terkendala jaringan internet.

    ReplyDelete
  2. Apa saja persyaratan untuk mendapatkan chromebook

    ReplyDelete
  3. COBA SAYA MINTA NOMOR PAK MENTRI NADIEM, SAYA MAU TANYA KENAPA CHROMEBOOK MUSTI PAKE IZIN ADMIN ? ITUKAN BIKIN EMAILNYA BAYAR, BAYAR DAN BAYAR.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

نموذج الاتصال