Google Meet Dibatasi 1 Jam

#Sahabat #Sulbar #Belajar, di era pandemi Covid-19 ini, tentu teknologi komunikasi sangat dibutuhkan. Baik untuk kebutuhan personal, maupun organisasi termasuk dunia pendidikan. Salah satu tools yang familiar dimanfaatkan dalam berkomunikasi adalah aplikasi Google Meet.

Namun di bulan Juli 2021 ini, aplikasi Google Meet tidak lagi unlimited untuk akun google versi personal atau gratis. Sudah ada pembatasan 60 menit atau 1 jam jika jumlah pengguna (partisipan) melebihi 2 (dua) partisipan. Notifikasi akan muncul apabila durasi video call telah berjalan 55 menit dan menyarankan untuk melakukan upgrade akun untuk tetap menikmati video call. Apabila tidak melakukan upgrade, maka video call akan berhenti pada menit ke-60.

Pihak Google telah mengumumkan sebelumnya bahwa pembatasan video call di Google Meet maksimal 1 jam berlaku hingga September 2020. Kemudian diperpanjang hingga bulan Maret 2021, dan mendapatkan perpanjangan lagi hingga 30 Juni 2021.


Namun untuk kalangan pendidikan tentu hal ini bukan menjadi masalah, karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sudah bekerja sama dengan pihak Google terkait Program Google Workspace for Education. Dan semua Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Peserta Didik dibuatkan akun Google Workspace for Education dengan domain belajar.id. Dengan akun ini, maka aplikasi Google Meet tidak lagi berbatas waktu 1 jam atau 60 menit. []

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال