MYOB Di Ajang Lomba Kompetensi Siswa Jurusan Akuntansi


Lomba Kompetensi Siswa Nasional atau yang sering disingkat dengan nama LKS adalah ajang lomba keahlian para adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah menengah kejuruan di seluruh Indonesia. Terdiri dari 50 jenis lomba yang diselenggarakan setiap tahunan sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. LKS ini di selenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah. Event pelaksanaan diselenggarakan bergantian disetiap kota-kota provinsi di Indonesia. 

Setiap bidang lomba diikuti oleh masing-masing satu perwakilan peserta dari setiap provinsi masing-masing. Sebelum wakil provinsi maju ke tingkat nasional, pihak provinsi juga sudah melakukan kualifikasi dengan lomba LKS tingkat provinsi yang diambilkan dari setiap perwakilan Kabupaten/Kota. Untuk daerah-daerah yang memiliki jumlah kabupaten/kota yang banyak, biasanya hanya diwakili oleh satu peserta perwakilan disetiap kota/provinsi. Tapi untuk daerah yang jumlah kabupaten/kota sedikit biasanya setiap kota/kabupaten mengikutsertakan 2 peserta. Hal ini seperti yang terjadi di tingkat Provinsi DKI Jakarta. Sama dengan kualifikasi LKS tingkat Provinsi, di setiap kota/kabupaten juga diadakan kualifikasi lomba disetiap sekolah di wilayah kota/kabupaten setempat. 

Khusus untuk bidang akuntansi ada beberapa jenis materi yang dilombakan baik yang bersifat teori maupun praktik. Materi yang diujikan/dilombakan : 

• Teori Akuntansi 

• Pencatatan Transaksi ke Jurnal 

• Pengelompokan Jurnal ke Buku Besar (Posting) 

• Penyelesaian Siklus Akuntansi (Laporan Keuangan) 

• Aplikasi Komputer Akuntansi (MYOB Accounting) 

• Presentasi tentang Akuntansi 

Khusus untuk Aplikasi Komputer Akuntansi, sudah sejak tahun 2000 menggunakan aplikasi MYOB Accounting. Aplikasi MYOB Accounting juga merupakan aplikasi yang diajarkan disemua Sekolah Menengah Kejuruan Bisnis & Manajemen (Akuntansi) di Indonesia sebagai bahan praktikum Lab Komputer Akuntansi. 

Hal ini diberikan untuk memberikan keahlian pada para lulusan SMK yang tidak hanya memahami teori dan praktik akuntansi secara manual tetapi juga bisa mengolah transaksi keuangan dengan teknologi aplikasi komputer yang sudah umum dan banyak digunakan di seluruh dunia, tidak hanya di pakai di Indonesia saja. Penulis membahas soal-soal LKS tahun-tahun sebelumnya baik di tingkat nasional dan provinsi dan memberikan penjelasan tentang trik dan tip penyelesaian kasus soal tersebut di Aplikasi Komputer Akuntansi MYOB. 

 Berikut Link Download e-Book Komputer Akuntansi dengan MYOB Versi 18:

Download

Berikut Link Download Aplikasi MYOB Versi 18Edu:

1 Comments

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال