Mekanisme Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2024

Salam, calon mahasiswa Indonesia! Saat kita mendekati proses seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru atau SNPMB di perguruan tinggi negeri untuk tahun 2024, mari kita telusuri sistem dan mekanisme yang akan diterapkan berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.


Di ranah perguruan tinggi negeri (PTN), terdapat tiga program utama: Diploma 3, Diploma 4 atau sarjana terapan, dan sarjana. Sebelum kita menjelajahi mekanisme penerimaan, penting untuk memahami perbedaan antara program Diploma dan sarjana. Pendidikan Diploma menekankan pada keahlian terapan dengan tingkatan seperti Diploma 1, Diploma 2, Diploma 3, dan Diploma 4. Sebaliknya, pendidikan Sarjana fokus pada pengembangan pengetahuan, teknologi, dan seni, meliputi program sarjana, magister, dan doktoral.


Calon mahasiswa di Indonesia memiliki beragam opsi di PPM, termasuk Diploma 3, Diploma 4, sarjana terapan, atau sarjana akademik. Kuota untuk SNBP, SNBT, dan jalur mandiri pada tahun 2024 tetap konsisten dengan tahun sebelumnya, menggunakan seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP), tes (SNBT), dan seleksi mandiri perguruan tinggi.


Mari kita tinjau perbedaan antara 2023 dan 2024, terutama SNBP, jalur yang bertujuan memberikan peluang bagi siswa SMA/SMK/MA yang berprestasi. SNBP dilakukan berdasarkan prestasi akademik, termasuk rapor dan portofolio akademik/non-akademik. Sekolah harus memastikan siswa memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan memasukkan data yang memenuhi syarat ke Sistem Data Pendidikan (PDSS). Mulai tahun 2024, siswa yang lulus SNBP tidak dapat mendaftar untuk SNBT atau jalur mandiri.


Memastikan kesesuaian dengan minat dan bakat sangat penting saat siswa memilih dua program dari satu atau dua universitas. Perlu dicatat bahwa siswa yang lulus SNBP pada tahun 2024 tidak dapat mendaftar ke SNBT pada tahun yang sama atau jalur seleksi mandiri. Proses pendaftaran SNBP umum melibatkan pembuatan akun melalui portal SNPMB.


Beralih ke jalur seleksi kedua, SNBT, atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes, ditujukan bagi siswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi, baik yang masih duduk di bangku kelas 12 atau yang sudah lulus dua tahun sebelumnya. Peserta SNBT diperbolehkan mengikuti UTBK 2024 sekali dengan membayar biaya sebesar Rp200.000. Hasil UTBK pada tahun 2024 hanya berlaku untuk SNBT 2024 dan didasarkan pada skor UTBK dan kriteria tambahan yang ditetapkan oleh perguruan tinggi.


Untuk SNBT 2024, peserta dapat memilih program studi akademik, vokasi, atau keagamaan Islam di universitas negeri. Mereka dapat memprioritaskan dua pilihan akademik dan dua pilihan vokasi, memastikan kesesuaian dengan minat dan bakat mereka. Pemilihan program studi sangat penting, terutama bagi mereka yang berencana mendapatkan bantuan keuangan melalui program Kartu Indonesia Pintar (KIP), yang hanya berlaku untuk program studi akademik dan vokasi di universitas negeri.


Sebagai kesimpulan, pemahaman mekanisme penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri sangat penting bagi calon mahasiswa. Dengan menggunakan sistem single sign-on (SSO), para calon dapat dengan lancar menjelajahi seluruh proses SNPMB. Tetap informasi dengan membuat akun di SNPMB dan dapatkan informasi yang lebih terpercaya dan terkini mengenai penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri. Sampai jumpa di universitas masing-masing, calon mahasiswa Indonesia, ikuti dan aktifkan pemberitahuan untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai proses penerimaan SNPMB 2024. Jangan lewatkan informasi terpanas!


Keyword: SNPMB 2024, Penerimaan Mahasiswa Baru, Seleksi Nasional, PTN (Perguruan Tinggi Negeri), Diploma 3, Diploma 4, Sarjana Terapan, Sistem Pendaftaran SNPMB, Mekanisme Seleksi, Peraturan Menteri Pendidikan, Pendidikan Vokasi, SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), Jalur Mandiri, NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), PDSS (Sistem Data Pendidikan), UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), Kuota Penerimaan Mahasiswa, Minat dan Bakat, KIP (Kartu Indonesia Pintar), Program Studi Akademik, Program Studi Vokasi, Single Sign-On (SSO), Informasi Terbaru SNPMB, Portofolio Akademik, Universitas Negeri, SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), Bantuan Biaya Pendidikan, Jalur Prestasi Unggul, Pendidikan Tinggi 2024

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال