Panduan Lengkap Pengisian PDSS dan Jadwal Penting SPAN-PTKIN 2024


Proses Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2024 telah dimulai sejak Senin (22/1/2024) lalu. Rangkaian ini dimulai dengan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

PDSS adalah sistem informasi di mana semua data sekolah dan siswa dikumpulkan. Data ini mencakup catatan kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang memenuhi syarat untuk mendaftar SPAN-PTKIN 2024.

Pengisian dan verifikasi PDSS untuk SPAN-PTKIN dilakukan melalui laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/ hingga 5 Februari 2024 mendatang. Namun, ada ketentuan yang perlu dipenuhi oleh sekolah.

Ketentuan Umum Pengisian PDSS SPAN-PTKIN 2024:

  1. Asal dari satuan pendidikan MA/MAK/SMA/SMK atau yang setara dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  2. Satuan pendidikan harus memiliki kode registrasi sekolah yang dapat dilihat pada akun Dapodik dan EMIS satuan pendidikan.
  3. Satuan pendidikan atau kepala sekolah harus memiliki nomor WhatsApp yang aktif dan dapat dihubungi.
  4. Satuan pendidikan atau kepala sekolah harus memiliki email yang aktif dan dapat dihubungi.
  5. Satuan pendidikan mengunggah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kelas X/semester 1, kelas X/semester 2, kelas XI/semester 1, kelas XI/semester 2, dan kelas XII/semester 1.
  6. Satuan pendidikan mengunggah nilai siswa pada Kelas X/semester 1, kelas X/semester 2, kelas XI/semester 1, kelas XI/semester 2, dan kelas XII/semester 1.
  7. Pendaftaran PDSS dianggap selesai apabila satuan pendidikan melakukan finalisasi pendaftaran PDSS.
  8. Satuan pendidikan wajib memiliki mata pelajaran yang telah ditetapkan oleh peraturan yang berlaku.
  9. Satuan pendidikan wajib melakukan input nilai mata pelajaran yang telah ditentukan.

Cara Pengisian PDSS SPAN-PTKIN 2024:

Registrasi Akun:

  1. Akses laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/.
  2. Pilih tombol Daftarkan Sekolah.
  3. Di laman Registrasi Sekolah, siapkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Registrasi Sekolah, kemudian pilih Lanjutkan Pendaftaran.
  4. Masukkan Kode Registrasi Sekolah yang tertera pada akun Dapodik Sekolah, kemudian pilih Lanjutkan Pendaftaran.
  5. Masukkan nomor WhatsApp Kepala Sekolah dan Email Kepala Sekolah yang valid serta bisa dihubungi, lalu pilih Lanjutkan Pendaftaran.
  6. Selesai dan buka email dari SPAN-PTKIN untuk login pengisian data.

Pengisian Data PDSS:

  1. Masuk ke dalam akun di laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/.
  2. Periksa kembali profil sekolah yang sudah terisi berdasarkan data Dapodik dan Data Emis. Sekolah juga dapat melakukan pembaruan data sekolah jika dirasa belum sesuai.
  3. Perbaikan data dapat dilakukan melalui laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/ atau melalui EMIS Madrasah melalui laman https://emis.kemenag.go.id/.
  4. Untuk satuan pendidikan seperti Pendidikan Diniyah Formal (PDF), Pendidikan Kesetaraan Pada Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS), dan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM), wajib memilih jenis sekolah yang paling sesuai dengan Izin yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI.
  5. Pilih Kurikulum yang diterapkan sekolah, kemudian pilih tombol Simpan.
  6. Pilih Pengaturan Jurusan.
  7. Pilih Perbarui Data Sekolah.
  8. Periksa Data Jurusan dan Data Jumlah Siswa. Jika sudah sesuai, pilih tombol Pengisian KKM. Jika belum, perbaikan dilakukan melalui Dapodik atau EMIS Madrasah.
  9. Generate mata pelajaran dan unduh file template Excel KKM dengan mengklik tombol Generate Mata Pelajaran.
  10. Isi file Excel KKM.
  11. Unggah kembali file Excel KKM dengan tombol (Langkah 2) Unggah File Excel KKM.
  12. Hasil Unggah KKM akan terlihat di layar. Jika ada kesalahan, sekolah dapat langsung memperbaikinya dengan mengklik pada kolom Nilai KKM.
  13. Pilih Data Siswa untuk memilih siswa yang akan didaftarkan pada SPAN-PTKIN 2024. Pilihan bisa dilakukan satu per satu atau seluruh siswa.
  14. Unggah nilai siswa dengan memilih tombol Nilai Siswa, lalu pilih (Langkah 1) Unduh Excel Nilai Siswa semua jurusan. Kemudian, isi file nilai siswa dari Nilai Mapel, Jumlah Mata Pelajaran, dan Total Nilai Mapel yang tertera pada rapor siswa per semester.
  15. Setelah itu, pilih tombol (Langkah 2) Unggah Excel Nilai Siswa dan unggah data pada sistem.
  16. Finalisasi PDSS: Sebelum melakukan finalisasi, sekolah diharapkan melakukan pengecekan ulang apakah nilai siswa sudah berhasil terunggah pada sistem dan pastikan semua kolom tertera pernyataan Lengkap. Jika sudah, sekolah dapat melakukan tahapan finalisasi dengan cara mengklik tombol Finalisasi.
  17. Setelah melakukan Finalisasi PDSS, sekolah bisa mencetak data dan memberikannya kepada siswa.

Jadwal SPAN PTKIN 2024:

  • Pengisian PDSS oleh sekolah: 22 Januari - 5 Februari 2024
  • Verifikasi PDSS: 22 Januari - 5 Februari 2024
  • Pendaftaran SPAN PTKIN oleh siswa: 12 Februari - 15 Maret 2024
  • Pengumuman hasil SPAN PTKIN: 2 April 2024

Jika siswa lolos seleksi, jalani proses verifikasi maupun pendaftaran ulang di PTKIN masing-masing sesuai jadwal yang ditetapkan di masing-masing kampus.


Keyword: Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), PDSS SPAN-PTKIN 2024, Jadwal SPAN PTKIN 2024, Proses Seleksi SPAN-PTKIN, Panduan Pengisian PDSS, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SPAN-PTKIN, Verifikasi PDSS PTKIN, Daftar PTKIN 2024, Sukses SPAN-PTKIN

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال