8 Pilihan Indikator Kinerja Guru dan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Kinerja

Dalam era pendidikan yang semakin berkembang, evaluasi kinerja guru dan dan kepala sekolah menjadi esensial untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah mengintegrasikan 8 pilihan indikator kinerja dari Rapor Pendidikan dengan aplikasi Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah yang baru diluncurkan pada tanggal 19 Desember 2023 yang akan memberikan dampak langsung pada proses pembelajaran. Aplikasi Pengelolaan Kinerja ini terintegrasi dengan aplikasi E-Kinerja dari BKN. Artikel ini akan membahas lebih rinci tentang Indikator Kinerja Guru dan Indikator Kinerja Kepala Sekolah.



Indikator Kinerja Guru

Indikator Kinerja Guru adalah turunan langsung dari Indikator Kualitas Pembelajaran pada Rapor Pendidikan. Dari 8 indikator yang yang tersedia, guru memiliki kesempatan untuk memilih satu yang paling relevan dengan kondisi sekolah dan menjadikannya fokus peningkatan kompetensi. Berikut adalah 8 pilihan indikator kinerja guru:
  1. Keteraturan Suasana Kelas
  2. Penerapan Disiplin Positif
  3. Umpan Balik Konstruktif
  4. Perhatian dan Kepedulian
  5. Ekspektasi pada Peserta Didik
  6. Aktivitas Interaktif
  7. Instruksi yang Adaptif
  8. Instruksi Pembelajaran

Manfaat Indikator Kinerja Guru:

Personalisasi Peningkatan: Guru dapat fokus pada satu aspek kinerja untuk peningkatan yang lebih efektif.
Relevansi Kontekstual: Memilih indikator yang sesuai dengan kondisi sekolah memastikan evaluasi yang akurat.



Indikator Kinerja Kepala Sekolah

Indikator Kinerja Kepala Sekolah merupakan turunan dari indikator Kepemimpinan Pembelajaran pada Rapor Pendidikan. Dalam satu periode penilaian, kepala sekolah memilih satu dari 8 pilihan indikator kinerja kepala sekolah. Berikut adalah 8 pilihan indikator kinerja kepala sekolah:
  1. Memandu Perencanaan Pembelajaran
  2. Komunikasi Visi-Misi Satuan Pendidikan
  3. Presentasi Program Sekolah
  4. Refleksi Pengelolaan Kurikulum Satuan Pendidikan
  5. Aktivitas Kegiatan Komunitas Belajar
  6. Siklus Peningkatan Kualitas Praktik Pembelajaran
  7. Menceritakan Praktik Baik Kepemimpinan
  8. Refleksi Program Pengembangan Kompetensi Guru

Manfaat Indikator Kinerja Kepala Sekolah:

Pemfokusan Kepemimpinan: Kepala sekolah dapat memberikan penekanan pada area tertentu untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Mendorong Kolaborasi: Pemilihan indikator yang relevan dapat mendorong kerjasama untuk mencapai visi-misi satuan pendidikan.

Kesimpulan

Dengan mengintegrasikan 8 pilihan indikator kinerja dengan Rapor Pendidikan, kita memasuki era evaluasi yang lebih kontekstual dan fokus. Guru dan kepala sekolah memiliki kebebasan untuk memilih indikator yang paling sesuai dengan kebutuhan sekolah, mendorong peningkatan kompetensi dan kualitas pembelajaran. Dalam upaya mencapai visi-misi pendidikan yang lebih baik, pemilihan indikator menjadi kunci untuk membentuk masa depan pendidikan yang lebih berkualitas.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال